Jumat, 05 Mei 2023

Babinpotdirga Lanud Anb Monitoring Giat BINBHAKTI

Kegiatan BINBHAKTI


Selamat Pagi

Kepada Yth : 
1.Aspotdirga Koopsudnas..
2.Wa Aspotdirga Koopsudnas.
3.Kapuspotdirga Koopsudnas.
4.Para Paban Spotdirga koopsudnas.
5.Aspotdirga Koopsud III

CC :
1.Komandan Lanud DMA.

Perihal : BINBHAKTI

Pada Hari Jum'at, 5 Mei 2023, Pukul 08.00 WIT s/d 09.15 WIT, Bertempat di Taman Mangrove Pantai Lampu Satu, Kel. Samkai, Kab. Merauke, Prov. Papua Selatan.

A. Babinpotdirga melaksanakan penanaman 350 Pohon Mangrove dalam Rangka Aksi Peduli Lingkungan guna memberikan manfaat bagi ekosistem baru.kegiatan ini di Pimpin oleh Komandan Lanud DMA, Kolonel Pnb Onesmus Gede Rai Aryadi S.E., M. Han. Yang diikuti oleh seluruh Anggota Lanud DMA.

B. Turut hadir dalam kegiatan sbb :
1. Kadispers Lanud DMA, Letkol Adm Richard H.T., S.Sos.
2. Kadislog Lanud DMA, Letkol Kal I Gusti Ngurah Alit S.E.,M.M.
3. Kasisen Lanud DMA, Mayor Tek Teddy.
4. Pjs. Kadispotmar Lantamal XI, Mayor Laut Ridwan.
5. Pjs. Kadispotdirga Lanud DMA, Lettu Adm Mukmin Prihadi S.
6. Ketua PIA Ardhya Garini Cab 6.D/III Lanud DMA, Ny. Sumarni Onesmus Gede Rai Aryadi.
7. Babinpotmar Lantamal XI, Serda Adi.
8. Ibu ibu Pengurus PIA Ardhya Garini Cab 6.D/III Lanud DMA.

C. Rangkaian kegiatan sbb :
1. Pukul 08.00 WIT. Komandan Lanud DMA tiba di Taman Mangrove.
2. Dilanjutkan Apel Khusus dalam Rangka penanaman.
3. Amanat Komandan Lanud DMA yg intinya sbb :

a) Sedikit saya menjelaskan tentang pohon mangrove kalau kita melihat dari literasi yang ada kata mangrove itu berasal dari dua bahasa yang pertama bahasa Portugis yaitu Mangoi dan yang kedua yaitu dari bahasa Inggris yaitu Group, kedua kata ini memiliki makna yang sama yaitu jenis komunitas tanaman yang berada di pesisir pantai yang meliputi tanaman berupa pohon dan rumput-rumputan.

b) Kemudian mangrove ini memiliki beberapa manfaat, yang pertama adalah untuk menghindari abrasi di pantai dengan adanya pohon mangrove ini bisa menahan laju arus air laut yang akan membuat bibir pantai semakin tergerus sehingga daratan semakin berkurang, sehingga dengan adanya pohon mangrove ini. bisa menjadi penahan.

c) Berikutnya adalah mangrove ini adalah tanaman yang dapat menyerap karbondioksida dan segala macam jenis logam yang berbahaya sehingga kualitas pohon mangrove ini bisa menyerap karbondioksida 4 (empat) kali lebih lebih besar dibandingkan dengan hutan tropis. Sehingga kalau kita bayangkan jika kita berada di pinggir pantai dengan adanya hutan mangrove berarti udara yang berada di sekitar situ sangat bersih sekali.

d) Tanaman mangrove ini juga bisa menjadi ekonomi wisata bagi masyarakat pantai, jadi bisa digunakan untuk pembibitan ikan kecil, udang dan lain sebagainya. Kemudian pohonnya juga bisa dimanfaatkan untuk wadah pakan hewan laut, kemudian bisa digunakan juga untuk kepentingan yang lainnya.

e) Pohon mangrove ini juga bisa digunakan untuk membantu nelayan sebagai pelabuhan kecil sehingga para nelayan bisa mengikat tali-tali perahu mereka di pohon tersebut. Kemudian air yang tersaring oleh pohon mangrove ini menjadi sangat bersih, bersih itu seperti yang tadi saya sampaikan itu jadi logam-logam berat yang berbahaya itu bisa diserap oleh mangrove tersebut sehingga kualitas air di situ pun menjadi sangat bersih itu  merupakan tujuan kenapa kita melaksanakan kegiatan penanaman mangrove.

f) Penanaman mangrove ini juga sudah pernah kita laksanakan pada bulan Maret lalu kemudian Disampaikan oleh Bapak Menko juga manfaat dari pohon mangrove seperti yang tadi saya sampaikan, sehingga pada tahun ini akan di rencanakan lagi 2 (dua) minggu yang akan mendatang yaitu tanggal 16 mei 2023. Kegiatan kita di sini nanti akan kita laksanakan di belakang yang kemarin kita sudah melaksanakan penanaman dan akan lanjutkan lagi hari ini. 

g) Target penanaman kita sekitar 5000 pohon yang ditargetkan oleh Aspotdirga untuk masing-masing Lanud, kemudian yang perlu menjadi perhatian kita bersama bahwa pada saat Kick Off tanggal 16 mei nanti kegiatan kita akan diikuti oleh Pangkoopsau III jadi kebetulan tanggal 16 Mei itu, apabila tidak ada perubahan maka pangkoopsau III akan berada di Merauke sehingga beliau akan mengikuti kegiatan Kick Off itu bersama-sama dengan kita.

4. Apel Khusus selesai, dan dilanjutkan giat penanaman Pohon Mangrove serta foto bersama.
5. Pukul 09.15. kegiatan selesai.

D. Demikian kegiatan penanaman 350 Pohon Mangrove dalam Rangka Aksi Peduli Lingkungan telah dilaksanakan berjalan dengan tertib,aman dan lancar.

DMMP.
Dok. Terlampir.
Terimakasih.

Ttd.
Pjs. Kadispotdirga Lanud DMA.

Selamat Pagi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar